~ WELCOME to MY BLOG ~

Tuesday, April 21, 2009

Taxi di Batam adalah Angkot di Daerah Lain

Sarana transportasi adalah salah satu unsur penting yang mendukung aktivitas masyarakat perkotaan. Tanpa sarana transportasi yang baik, roda perekonomian suatu daerah dapat dipastikan tumbuhnya sangat lambat. Setiap daerah di Indonesia memiliki sarana transportasi yang unik satu sama lainnya. Demikian juga halnya di Batam. Terdapat sesuatu yang unik dari salah satu sarana transportasinya yaitu Taxi

Pertama kali menginjakkan kaki di batam di bandara Hang-Nadim, perjalanan ke sekupang menggunakan Taxi. Awalnya sie biasa saja, karena sama dengan daerah lainnya. Namun beberapa hari setelahnya, pada saat ingin membeli sesuatu di daerah Nagoya, saya menunggu Taxi di Halte Sekupang menyetop taxi dan berangkat ke Nagoya, tiba-tiba di tengah jalan sopir taxi tersebut berhenti menaikkan penumpang lain, hal inilah yang menimbulkan pertanyaan, setelah ngobrol dengan sopir taxinya dan dijelaskan saya menjadi mengerti.

Bagi orang yang belum pernah ke Batam, sekedar sharing sedikit taxi di batam ada 3 jenis yaitu pertama, taxi seperti daerah lain,yaitu sopir menaikkan penumpang setelah itu tidak berhak menaikkan penumpang lagi sebelum penumpang pertama sampai di tempat tujuan. Kedua, Taxi angkot yaitu taxi yang berfungsi sebagai layaknya angkot di daerah lain (pulau Jawa)dimana sopir taxi setelah menaikkan penumpang yang pertama, sopir taxi berhak untuk menaikkan penumpang yang kedua dan seterusnya sampe muatannya penuh mungkin maksimal 5-6 orang. Ketiga, Taxi gelap berbeda dengan kedua jenis taxi diatas yang ber plat kuning, sesuai dengan namanya taxi gelap memiliki plat berwarna hitam.

Sebenarnya keberadaan taxi gelap tersebut ilegal, namun banyak pihak yang "jeli" memanfaatkan potensi tersebut. Hal ini sudah sering mendapat tentangan dari asosiasi taxi plat kuning di Batam, namun apa daya pemerintah belum menemukan cara bagaimana caranya menindak keberadaan taxi gelap ini, karena sopir taxi gelap ini gampang menghindar. Saran saya bagi pengguna taxi dan pendatang baru sebaiknya menggunakan taxi resmi yang ber-plat kuning lebih aman.

0 komentar:

Post a Comment