~ WELCOME to MY BLOG ~

Saturday, April 25, 2009

Dinas Pariwisata Bali aja Pameran di Batam...

Dinas pariwisata Bali sejak rabu, 22 April 2009 kemarin mengadakan pameran sekaligus promosi pariwisata Bali di Nagoya Hills yang bertajuk "Bali & Beyond" 2009 yang rencananya berakhir Minggu, 26 April 2009. hal tersebut menimbulkan pertanyaan di benak saya yaitu kenapa Bali yang begitu terkenal, masih harus promosi dan tempatnya di Batam??? Kalau saya tidak salah ingat, Bali jg mengadakan promo tahun lalu di Batam. Mungkin ini sudah menjadi agenda rutin dinas pariwisata Bali melakukan promosi ke daerah2 lain.

Promosi, ya jika produk kita sudah dikenal dan pengen tetap eksis harus selalu melakukan promosi, mungkin itu yang menjadi alasan Bali tetap melakukan promosi potensi wisatanya ke daerah lain. Promosi adalah salah satu kunci keberhasilan suatu produk, untuk itu walaupun sudah terkenal harus tetap melakukan promosi.

Pertanyaan selanjutnya kenapa Bali memilih Batam sebagai salah satu daerah untuk melakukan promosi dalam bentuk pameran??? yang terbayang dalam benak saya adalah mungkin dinas pariwisata Bali melihat Batam adalah juga daerah tujuan wisata di Indonesia, maka dari itu dengan melakukan promo di Batam, Bali mengharapkan efek "cipratan" artinya menarik wisatawan yang berkunjung ke batam untuk melanjutkan liburannya di Bali. asumsi saya itu ternyata ada benarnya, karena saya baca di koran, salah satu tujuan dinas pariwisata Bali ke Batam adalah meningkatkan kerjasama dengan biro perjalanan atau travel2 yang ada di Batam yang sering digunakan jasanya oleh wisatawan untuk berlibur ke Bali dengan paket-paket pariwisata.

Dengan adanya pameran ini, Batam harusnya berbangga karena Balipun memilih Batam sebagai salah satu lokasi promosi pariwisata. Hal tersebut mengindikasikan Batam memiliki potensi untuk menarik Wisatawan. Hal yang sama juga harus dilakukan Batam, sehingga efek "cipratan" juga terjadi seperti tulisan saya sebelumnya "Direct Flight Batam-Bali....". Selain itu, hal yang harus menjadi pertimbangan dan perhatian adalah Bali banyak menawarkan paket-paket wisata yang tentunya lebih menguntungkan wisatawan karena tidak repot dan lebih murah. Batam juga harus segera membuat paket-paket wisata untuk mendukung Visit Batam 2010.

0 komentar:

Post a Comment