~ WELCOME to MY BLOG ~

Wednesday, April 22, 2009

Ratusan "Titik Api" (HotSpot) Tersebar di Batam

Internet??? siapa yang belum pernah mendengar kata ini??? sebuah kata yang mulai populer dan mampu mengubah dunia pada sekitar tahun 1990-an. Saat ini, internet sudah menjadi bagian hidup masyarakat diseluruh dunia. tanpa ber-internet rasanya ada yang kurang seperti sayur tanpa garam, rasanya hambar hidup ini. Se-Dahsyat itukah internet??? silakan bagi pemula dapat searching untuk lebih mengetahui sejarah internet... hehe.. karena disini tidak membahas hal itu.

Demikian juga halnya di Indonesia, pengguna internet setiap tahunnya mengalami peningkatan karena banyak manfaat positif yang didapat dari internet, walaupun terkadang ada sisi negatifnya. sejalan dengan hal tersebut, pemerintah daerah di setiap propinsi di Indonesia membuat program yang berkaitan dengan itu seperti Jakarta cyber city, Bali ICT Insland,dll, demikian juga halnya dengan Pemko batam yang sudah melaunching program Batam Digital Island tahun lalu.


Banyak hal yang sudah dilakukan pemko batam untuk merealisasikan misi ini yang nantinya akan mendukung program pemko lainnya seperti visit batam 2010. Salah satu infrastruktur yang mendukung terealisasikannya program ini adalah disebarnya hotspot-hotspot di eluruh batam agar masyarakat dapat mengakses internet secara mudah. Semenjak diluncurkan, baik pemerintah, swasta dalam hal ini kafe-kafe, provider internet terus membangun hotspot baik berbayar maupun gratis sebagai nilai tambah kafenya.

Sampai saat ini mungkin sudah ada 400 titik hotspot yang sudah ada di batam dan sebagian besar dapat dipakai dengan gratis. Hotspot ini sudah tersebar seantero Batam, mulai dari pusat hiburan, kafe, mall, pusat perbelanjaan, taman-taman, dan bahkan di daerah pinggiran. Pemerintah, swasta, dan operator seakan-akan berlomba-lomba untuk menyediakan hotspot ini. salah satunya adalah taman internet gratis yang disediakan pemko di daerah engku putri dan tiban dengan bekerjasama dengan salah satu operator telekomunikasi. demikian juga halnya kafe-kafe dan pusat perbelanjaan menyediakan hotspot gratis untuk memancing pengunjung. Semoga dalam waktu dekat seluruh wilayah batam sampai ke pulau galang sana sudah bisa mendapatkan akses internet sehingga warga masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan informasi. Namun sebaiknya pemko selain menambah jumlah hotspot juga menyediakan rambu-rambu sebagai sign atau tanda bahwa di daerah itu sudah bisa akses internet (lihat di tulisan sebelumnya dengan judul "Batam Digital Island untuk Mendukung Visit Batam 2010)

0 komentar:

Post a Comment