~ WELCOME to MY BLOG ~

Tuesday, April 21, 2009

KTP Siak sebagai Cikal Bakal Citizen Serial Number

Pemilu legistaltif telah kita lewati bersama.Dibalik penyelenggaraan pemilu tahun ini terdapat banyak sekali permasalahan yang dihadapi baik oleh KPU, KPPS dan pemilih itu sendiri. Salah satu permasalah yang dianggap menjadi awal biang permasalahan adalah DPT atau Daftar Pemilih Tetap. Apa yang melatarbelakangi timbulnya masalah DPT tersebut??? tidak lain dan tidak bukan adalah masalah database kependudukan yang jauh dari akurat.

Database kependudukan yang dimiliki Indonesia diakui oleh pemerintah masih belum akurat dan akan secara bertahap diperbaiki untuk menghindari berbagai masalah yang berkaitan dengan database kependudukan seperti masalah DPT diatas dan juga BLT (bantuan langsung tunai). Tetapi pertanyaanya sekarang, kapan Indonesia akan memiliki database kependudukan yang akurat??? padahal sudah 63 tahun Indonesia merdeka, dan sudah selama itu juga masalah database kependudukan belum baik...


Perlahan dan pasti masalah database kependudukan akan dapat teratasi asalkan pemerintah serius mulai dari sekarang membuat sebuah sistem terintegrasi secara nasional. Menurut saya KTP Siak yang telah mulai di Implementasikan di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Batam dapat menjadi cikal bakal terwujudnya hal itu. sehingga penduduk Indonesia memang benar-benar hanya memiliki satu id atau KTP (kartu tanda penduduk). Namun kenyataannya sekarang, masih ada warga yang memiliki lebih dari satu KTP, karena setiap pindah tempat tinggal membuat KTP baru dengan no. yang berbeda dari sebelumnya sehingga pemerintah tidak akan pernah mengetahui secara pasti berapa sebenarnya jumlah penduduk sekarang ini.

Pemko Batam telah mengimplementasikan KTP Siak, walaupun masih dalam tahap pengembangan dan masih banyak permasalahan seputar implementasi KTP Siak yang harus segera diselesaikan. Saya bermimpi suatu saat Indonesia memiliki database kependudukan yang baik dan Batam, dengan infrastruktur yang sudah dimiliki karena memiliki visi batam digital island dapat menjadi pilot project dimana satu orang penduduk mempunyai 1 id seumur hidup, mulai dari dia lahir sampai meninggal. Id itu dapat diibaratkan sebagai Citizen Serial Number (CSN) atau number seri penduduk. dan No.KTP Siak yang berlaku nasional dapat menjadi cikal bakal CSN.

Dengan adanya CSN, maka setiap orang yang lahir di Indonesia akan memiliki satu CSN yang akan selalu menempel pada dirinya, sehingga pemerintah memiliki track record setiap orang, pernah tinggal dimana saja orang itu dan itu akan menjadi database kependudukan yang akurat yang nantinya akan sangat berguna untuk program atau kegiatan yang membutuhkan database kependudukan. Masalah BLT, DPT, Jaminan Sosial, histori kriminal, histori pendidikan, migrasi penduduk, dll akan dapat teratasi dengan sangat mudah karena semua tercatat dalam 1 serial number yang disebut CSN

Memang tahap awal pengembangan CSN ini membutuhkan investasi yang luar biasa besar, namun jika dibandingkan keuntungan yang diperoleh dengan CSN ini, maka investasi itu tidak akan ada artinya. pemerintah akan lebih mudah mengawasi warganya, efektif dan efisien dalam menangani kegiatan yang membutuhkan database kependudukan seperti BLT, Pemilu, dll. Namun yang perlu dicermati adalah karena CSN ini adalah sebuah sistem yang menggunakan teknologi informasi, keamanan sistem juga harus dijamin sehingga database CSN tidak mudah dirubah-rubah oleh sembarang orang seperti layaknya di Film Barat dimana FBI dengan sangat mudah merubah live history seseorang.

Semoga KTP Siak yang telah berjalan di Batam dapat menjadi cikal bakal CSN atau Citizen Serial Number. dan Batam dengan infrastruktur yang dimiliki dapat mengajukan diri menjadi pilot project dibangunnya sistem SCN ini karena sudah lebih dulu mengikrarkan sebuah misi "Batam Digital Island".

0 komentar:

Post a Comment