~ WELCOME to MY BLOG ~

Wednesday, April 22, 2009

Percantik Jalan dan Persimpangan Jalan di Batam

Jalan adalah salah satu sarang pendukung segala aktivitas masyarakat sebuah kota. Kondisi jalan yang baik akan turut berperan penting demi kemajuan suatu daerah dari sektor industri, perdagangan, jasa, dan juga pariwisata, dll. Apalagi Pemko batam telah meluncurkan program "visit batam 2010" untuk meningkatkan aspek kepariwisataan batam yang didalamnya terdapat kurang lebih 9 jenis wisata yang akan dikembangkan yaitu Wisata budaya, wisata bahari, wisata olahraga, wisata belanja, wisata sejarah, wisata makanan, wisata keagamaan, wisata alam, dan wisata MICE (meeting, insentif, confrens, & exhibition)(diambil dari presentasi Walikota Batam pada Musrembang Kepri 14-15 April 2009) yang membutuhkan infrastruktur yang baik dimana salah satunya adalah sarana transportasi dalam hal ini jalan.

Melihat kondisi jalan dan persimpangan jalan di batam dengan segala atribut pendukungnya yaitu marka jalan, rambu lalu lintas, lampu lalu lintas, dll masih belum sepenunya baik dalam artian masih banyak jalanan di batam yang rusak dan berlubang yang tentunya dapat membahayakan pengguna jalan. Pemerintah harus segera membenahi kondisi tersebut dan melakukan perbaikan menyeluruh. Pemerintah dapat melakukan benchmarking ke daerah yang memiliki jalanan yang menurut saya baik yaitu Surabaya dan Bali.

Pada saat saya sedang berada di Surabaya saya melihat semua rambu dan lampu lalu lintas terpasang dengan baik. dan bahkan hampir semua lampu lalu lintas di jalan yang saya lewati memiliki waktu penunjuk lampu. sementara di Bali, karena memang mengedepankan pariwisata saya melihat hampir semua jalan di seluruh kabupaten/kecamatan di Bali dalam kondisi yang baik, hampir tidak ada jalanan yang rusak dan berlubang. dan bahkan aspalnya pun mulus dengan ketebalan minimal 5cm apabila kurang dari 5 cm pasti akan segera diaspal lagi.

Menurut saya, Batam harus segera mempercantik jalan dan persimpangan jalan. pertamanya tentunya kondisi jalan harus dibenahi, kalau bisa seperti di Bali. karena batam banyak terdapat industri, maka truk-truk besar dengan beban berat yang bisa merusak jalan, dibuatkan rute khusus sehingga tidak melewati daerah-daerah perumahan, perhotelan, hiburan, dll. Kemudian melengkapi jalanan tersebut dengan rambu dan lampu lalu lintas seperti di Surabaya, dimana semua lampu lalu lintasnya terdapat penunjuk waktu lampu yang menurut saya membantu pengguna jalan untuk mengetahui berapa lama lagi lampu lalu lintas tersebut berwarna merah. karena biasanya pada saat lampu lalu lintas berwarna hijau, baik motor ataupun mobil dari jauh akan menambah kecepatan agar tidak kena lampu merah, dan itu sangat membahayakan.

kemudian masalah persimpangan jalan. Di setiap kota yang saya lalui, rata-rata persimpangan jalan besar di kota itu dibuat sedemikian rupa sehingga tampak cantik yang dapat juga merupakan ciri khas daerah itu. Yang mana hal tersebut tidak saya temui di Batam. Persimpangan jalan di batam terlihat biasa-biasa saja. Menurut saya, pemerintah bisa saja menmpercantik persimpangan jalan besar yang ada di batam sehingga menimbulkan kesan bagi pengguna jalan terlebih bagi wisatawan. seperti misalnya Persimpangan jalan di simpang jam, disana terdapat lahan kosong yang dapat dibuatkan taman sehingga menjadi lebih cantik. Kemarin saya sempet berbincang-bincang dengan pemilik usaha yang bergerak di bidang itu, katanya dia sudah mengajukan proposal untuk menghias taman yang ada di simpang jam. Hal yang sama juga dapat dilakukan di persimpangan jalan lainnya. Selain taman tentunya persimpangan jalan dapat ditambahkan patung di tengah-tengahnya seperti patung raja-raja melayu. dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan untuk mempercantik jalan dan persimpangan jalan di batam.

0 komentar:

Post a Comment