~ WELCOME to MY BLOG ~

Tuesday, April 21, 2009

Dongkrak Kedatangan Wisatawan Dengan Wisata Religi

Indonesia adalah negara majemuk yang terdiri dari bermacam-macam Suku, Agama, dan aliran kepercayaan. Dengan slogan Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetap satu, kemajemukan ini bisa menjadi kelebihan. Saling menghormati dengan menghargai perbedaan. Demikian juga halnya di Batam, hampir semua suku, Agama, dan Aliran kepercayaan yang resmi di Indonesia ada di Batam. Hidup saling menghormati dengan menghargai satu sama lainnya. Hal ini sudah dibuktikan dengan adanya "Gebyar Budaya Nasional" pada November 2008 silam.

Belakangan ini kita banyak menemui orang yang stress yang disebabkan oleh tingginya tuntutan hidup dan padatnya aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Beban yang menumpuk setiap harinya tersebut menyebabkan kejenuhan pikiran dan terakumulasi terus menerus menjadi pemicu awal munculnya stress. Tiap orang memiliki cara sendiri-sendiri dalam menghadapi stress seperti dengan menjalankan hobi, berlibur, mencari hiburan, rekreasi, dll

Potensi wisata religi di negara kita sangatlah besar. Hal ini dikarenakan sejak dulu Indonesia dikenal sebagai negara religius. Banyak bangunan atau tempat bersejarah yang memiliki arti khusus bagi umat beragama. Selain itu, besarnya jumlah penduduk Indonesia, dimana hampir semuanya adalah umat beragama, merupakan sebuah potensi tersendiri bagi berkembangnya wisata religi. Bagaimana dengan Batam??? Pemko Batam harus bisa memanfaatkan potensi ini sebagai salah satu pendongkrak kunjungan Wisatawan.


Dengan hampir semua Agama dan aliran kepercayaan ada di Batam, ini merupakan sebuah potensi potensial bagi Batam untuk mengembangkan wisata religi. Setiap agama di Indonesia memiliki tempat ibadah, nah tempat ibadah umat beragama dapat dibuat dengan memiliki keunikan tersendiri dengan menambahkan fasilitas sebagai value addednya tanpa mengurangi kesucian tempat ibadah tersebut. contohnya Masjid Raya Batam centre dapat dijadikan wisata religi, dan tempat ibadah umat beragama lainnya.


Kemarin sempet membaca artikel yang ditulis oleh Ketua PHDI, bapak Wayan Catrayasa. yang intinya tempat ibadah umat Hindu yang berada di seberang DAM Seiladi yaitu Pura Agung Amerta Buana sangat potensial sebagai wisata religi. karena selain Pura ternyata dalam satu arealnya terdapat kuil sebagai tempat ibadah umat Hindu India yang tinggal di Singapura. Memang kita dapat melihat setiap sabtu dan minggu banyak bus pariwisata yang berkunjung ke Pura tersebut yang ternyata warga negara tetangga Singapura yang beribadah di tempat itu. setelah beribadah mereka kebanyakan pergi ke pusat perbelanjaan untuk membelanjakan uangnya. Jadi bisa dibayangkan berapa uang yang masuk ke Batam dari potensi ini.


Demikian juga halnya tempat ibadah umat lainya seperti Gereja-Gereja, Wihara-Wihara, dll dapat dikembangkan potensinya untuk menjadi wisata religi di batam sebagai salah satu pendongkrak kunjungan wisatawan ke Batam dalam rangka mendukung visit Batam 2010.


0 komentar:

Post a Comment