~ WELCOME to MY BLOG ~

Tuesday, April 21, 2009

SIAK Solusi Pengurusan KTP Batam???

Pengurusan KTP batam sulit dan memakan waktu yang lama ya...??? kira-kira seperti itulah yang sering kita dengar dari setiap orang yang sedang mengurus pembuatan baru atau perpanjangan KTPnya. setelah ditanya lebih lanjut, banyak yang berkomentar.. "ihhh lebih enak dulu ya.. ngurus KTP cukup 3 hari"... sama seperti kebanyak orang yang mengurus KTPnya, saya juga memiliki pengalaman serupa tentang masalah tersebut.

Saya melakukan pengurusan KTP sekitar bulan Juli 2008, mengurus di disduk lumayan cepet karena memakan waktu "hanya" 3 hari kerja, tapi kenapa jadi lama ya ketika formulir permohonan itu masuk ke Kecamatan??? saya menunggu sekitar 5 bulan KTP itu siap. tapi ternyata nga berbarengan dengan KK yang saya buat. KK harus menunggu sebulan lagi. cape deh.. sudah 3-4x bolak-balik ke kecamatan. Alasan petugas di kecamatan adalah sistem SIAKnya lagi error, printernya cuma ada satu, keterbatasan SDM, bla..bla..bla...

Itulah sedikit cerita dan pengalaman probadi saya dalam mengurus KTP. Pemko Batam memang tengah mengupayakan sistem SIAK yang sedang dalam tahap pengembangan menjadi solusi masalah pengurusan KTP di Batam. dengan garansi penyelesaian KTP dan KK sekitar 3 minggu. selain itu sistem SIAK itu akan mengurangi penyelewengan yang seringkali terjadi dalam pengurusan KTP karena menggunakan calo. Dengan adanya SIAk diharapkan masalah percaloan dapat teratasi. Tidak hanya itu, SIAK jg diharapkan dapat menyiapkan sistem database kependudukan yang lebih akurat agar perencanaan kedepannya menjadi lebih lancar. dan masalah DPT untuk Pemilu kedepan dapat teratasi.

Kemudahan lain yang diberikan SIAK adalah pemohon dapat mengecek status pembuatan KTPnya sehingga tidak perlu bolak-balik datang ke kantor Kecamatan hanya untuk menanyakan apakah KTPnya sudah siap atau belum. Masalah yang sering muncul saat impelementasi SIAK seperti keterbatasan SDM, Infrastruktur, dll semoga dapat segera diatasi baik dengan melakukan pelatihan kepada operator (SDM) dan kerjasama dengan operator telekomunikasi (infrastruktur) atau jaringan akses SIAK dipercayakan saja kepada operator sehingga Pemerintah tidak perlu lagi melakukan maintenance jaringan.

Semoga dengan semakin baiknya SIAK ini, memang benar-benar akan menjadi solusi dalam pengurusan KTP di Batam.

2 comments:

  1. Mohon konfirmasi om, pa betul pernah ada jasa KTP di Disduk? Atau saat oprator Kecamatan nge-post di Disduk karena infra-structur di Kecamatan belum siap?

    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. yang saya lihat bukan dari petugas disduk atau kecamatan. melainkan calo KTP dari luar instansi. saya kurang tau jg apa calo tersebut difasilitasi tau nga. tapi tetep saja pake calo ato nga tahun lalu buat KTPnya lama bgt. karena mkn sistemnya br diimplementasikan shg masih bnyk terdapat kendala.
    Tapi saya salut sama petugas disduk dan kecamatan, mereka tetep bekerja melayani dengan baik. saya sendiri saja pusing melihat tumpukan berkas 2 KTP dan KK di kecamatan.
    Tapi semoga saja, sekarang sudah lebih baik, sistem siap, SDM siap... karena saya sdh tidak mengikuti perkembanganya lagi...

    ReplyDelete