~ WELCOME to MY BLOG ~

Monday, April 20, 2009

Hutan Lindung sebagai Wisata Hutan sekaligus Sekolah Alam

Tahun lalu sempet membaca artikel yang intinya membicarakan tentang hutan lindung di Batam berkurang drastis karena telah diubah untuk berbagai jenis pemanfaatan lahan seperti kawasan perdagangan, perumahan, jasa, dll. duw, betapa miris hati membaca artikel tersebut. apalagi setelah diperhatikan, banyak lahan yang seharusnya tidak bisa dimanfaatkan karena berfungsi sebagai hutan lindung ehh malah dibabat habis. dan lagi bila dilihat dari atas pesawat baik mau landing atopun take off terlihat dari atas batam seperti kepala yang rambutnya dicukur tidak rapi. botak dimana-mana. sungguh pemandangan yang jauh dari indah.

Semua orang tahu pentingnya hutan bagi kelangsungan hidup manusia dan makluk hidup lainnya bahwa hutan adalah paru-paru dunia, tidak ada hutan, maka kiamatlah dunia ini. tapi masih saja segelintir orang yang terus menerus melakukan ekploitasi terhadap hutan yang tiap tahun jumlahnya berkurang. seperti halnya Rokok, sudah tahu merokok tidak baik bagi kesehatan kenapa masih banyak yang merokok. TANYA KENAPA??? padahal bagi bagi manusia sendiri, hutan merupakan sumber daya alam anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa yang tidak terhingga nilainya. Manusia memang tidak akan bisa hidup tanpa hutan. Hutan sangat berjasa besar untuk mengedarkan air dan menghasilkan udara bersih. Hutan mempunyai nilai filosofi yang sangat dalam bagi kepentingan umat manusia. Dengan hanya sedikit pengertian manusia, hutan bisa memberikan segala kekayaan alam yang dikandungnya untuk memberikan kehidupan bagi makhluk hidup di bumi ini terutama bagi umat manusia.

Pengenalan Dunia Hutan pada generasi muda dapat dimulai dari anak-anak sekolah. Hal ini dimaksudkan agar para siswa dan siswi mengenal dan tahu seluk beluk mengenai hutan. Dengan mengetahui fungsi-funngsi hutan tersebut, maka secara tidak langsung akan menumbuhkan minat anak-anak untuk mempelajari hutan lebih mendalam, termasuk didalamnya untuk mengetahui manfaat dan pentingnya hutan dalam kehidupan umat manusia serta makhluk hidup dibumi ini. Pengenalan tentang hutan kepada anak-anak sejak dini merupakan salah satu modal penting untuk memelihara kelangsungan hutan kita dimasa yang akan datang. Hal itu menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengenalkan hutan kepada anak-anak kita. Pengenalan hutan sejak dini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu cara yang efektif adalah dengan menjadikan Hutan sebagai sekolah dan wisata.

Hutan lindung di Batam, jika dibiarkan kondisi yang terjadi sekarang ini, maka cepat ato lambat Batam tidak memiliki hutan lagi dan bencana alam akan datang karena tinggal menunggu waktu saja seperti banjir, longsor, dll. untuk itu Pemko Batam harus segera bertindak cepat "Stop Eksploitasi Hutan Lindung Batam". salah satunya dengan cara menjadikan Hutan lindung tersebut sebagai sekolah alam dan wisata hutan. Menurut saya Hutan yang dapat dijadikan sekolah alam dan wisata hutan adalah hutan lindung setelah tiban kampung menuju DAM Seiladi karena memiliki tekstur yang mendukung untuk itu dan tidak perlu modal yang besar untuk merealisasikanya.

Kita tinggal membuat jalur atau jalan setapak di dalam hutan menuju DAM Seiladi, boleh dgn jalan kaki atau menggunakan sepede yang tentunya harus menyewa di tempat wisata tersebut. di setiap jalan dipenuhi dgn tulisan pengetahuan hutan, informasi pentingnya hutan, dan juga tempat sampah sehingga memperkaya pengetahun pengunjung. apalagi bagi siswa-siswi, dengan adanya berbagai tulisan tadi akan lebih cepat mengerti dan selalu diingat pengetahun tentang hutan. menurut saya itu rute yang sangat cocok, karena setelah berjalan/bersepeda diakhiri dengan pemandangan indah di DAM Seiladi.

0 komentar:

Post a Comment