~ WELCOME to MY BLOG ~

Tuesday, April 21, 2009

Merubah Wajah Jembatan Barelang

Sekilas dari wikipedia, Jembatan Barelang adalah nama jembatan "megah" yang menghubungkan tiga pulau yaitu Batam-Rempang-Galang yang dibangun pada tahun 1992 dan selesai tahun 1998. Masyarakat setempat menyebutnya "Jembatan Barelang", namun ada juga yang menyebutnya "Jembatan Habibie", karena beliau yang memprakarsai pembangunan jembatan itu untuk menfasilitasi ketiga pulau tersebut yang dirancang untuk dikembangkan menjadi wilayah industri di Kepulauan Riau. Ketiga pulau itu sekarang termasuk Provinsi Kepulauan Riau, Kepri, sebuah provinsi yang baru saja diresmikan keberadaannya oleh menteri dalam negeri.

Jembatan Barelang ini tidak hanya difungsikan sebagai jembatan penghubung antar pulau saja, namun juga dijadikan untuk bersantai/rekreasi keluarga di hari libur menikmati pemandangan laut dan pulau2 kecil dari atas jembatan dan juga memancing. Selain itu, jembatan ini juga menarik wisatawan yang datang ke batam sehingga oleh pemko batam jembatan ini akan menjadi salah satu daya tarik untuk pariwisata batam.

Wisatawan yang baru pertama kali datang ke batam, kurang lengkap rasanya kalau belum mengunjungi jembatan barelang ini. Namun setelah mengunjungi jembatan barelang apa ya kira2 pendapat wisatawan tersebut mengenai jembatan itu. ehhmmnn.. mungkin yang pertama kagum melihat kemegahan dan sejarah dibalik pembangunan jembatan itu, menikmati pemandangan laut dan pulau2 kecil yang sangat indah untuk dipandang. yang jelas jembatan barelang memang mantap (pake b). tapi apakah hanya itu pendapat wisatawan tersebut ketika pertama kali melihat jembatan barelang..?? seorang teman yang pernah saya ajak melihat jembatan barelang selain kagum ternyata berpendapat jembatan ini kurang terawat.

Semua orang (masyarakat batam dan wisatawan) sepakat kalau jembatan barelang dgn sejarahnya adalah salah satu daerah tujuan wisata batam, namun apa daya dengan kondisi jembatan barelang sekarang yang seakan-akan kurang terawat dan mendapat perhatian dari pemerintah. ehhmmmnn mungkin maintenancenya nga masuk anggaran kali ya...? pertama kali saya melihat jembatan barelang, rasa kagum menyelimuti jiwa namun selain kagum juga sedikit miris melihat keadaan jembatan barelang yang kurang terawat. ayo pemko Batam segera merubah wajah jembatan barelang sehingga lebih cantik sehingga tidak kalah dengan pemandangan laut dan pulau2 kecil yang tersaji.

Mungkin terlebih dahulu pemko Batam bisa benchmark ke jembatan2 terkenal di dunia untuk mempercantik jembatan barelang. kalau menurut saya, jembatan barelang dapat di cat sesuai dengan karakter melayu ditambah dengan lampu2 hias di setiap ruas jembatannya. selain itu bisa dibuatkan monumen jembatan barelang yang berisi sejarah jembatan barelang yang terletak sebelum melintasi jembatan sehingga wisatawan mengetahui sejarah jembatan tersebut. selain monumen bisa juga diceritakan wisata2 yang ada disepanjang pulau2 yang dihubungkan dgn jembatan ini. Semoga dengan merubah wajah jembatan barelang, tidak ada lagi komentar2 negatif dari wisatawan sehingga yang ada adalah kekaguman thd keindahanya dan mereka bisa membawa kenangan itu ke daerah/negara asalnya dan akan banyak lagi wisatawan yang datang berkunjung ke Batam.


0 komentar:

Post a Comment