~ WELCOME to MY BLOG ~

Tuesday, August 12, 2008

Menangkan Hati Pelanggan dgn Manajemen "SENYUM"

mengapa itu gw jadikan sebagai judul..??? karena gw mo berbagi sedikit pengalaman dengan banyaknya operator Telekomunikasi di Indonesia... perusahaan manapun klo mo menang dalam persaingan harus memenangkan pelanggan. dan klo ingin memenangkan pelanggan harus sampai ke hatinya...caranya..??? ya tentunya dengan mengamalkan yg namanya manajemen "senyum"

ngomong2 soal manajemen "senyum" gw jadi teringat dengan guru di SMA yaitu bapak maliarsa... karena melalui beliau gw mendapatkan manajemen "senyum" itu.. tentunya sudah sedikti gw modifikasi sie bedasarkan penelitian gw pas kuliah...


Manajemen "senyum" menurut versi gw itu adalah:
S --> Simpatik
E --> Empatik
Ny --> Nyaman
U --> Unggul
M --> Mandiri

Simpatik... ya tentunya hal pertama yg harus dilakukan untuk melayani pelanggan sehingga kita mampu memulai suatu pembicaraan yg tidak membosankan pelanggan.

Empatik... ya setelah bersimpati dengan pelanggan, sebagai hasilnya kita harus merasakan apa yg dirasakan pelanggan.

Nyaman... ya setelah kita bersimpati dan empati maka pelanggan tersebut dipastikan akan nyaman dengan situasi, nah pada saat itu baru kita masuk menjual produk kita.

Unggul... ya dalam situasi nyaman tersebut mulailah mendeskripsikan keunggulan2 dari produk kita, dan tentunya tanpa menjelek-jelekan produk pesaing.

Mandiri... so..nikmatilah hasilnya, setelah pelanggan tersebut mau menggunakan produk kita, jgn lupa di maintain (after sales servicenya harus baik) dan apabila ada gangguan harus diberitahukan dan jangan lupa minta maaf atas ketidaknyamanan yg terjadi. karena setelah itu akan tercipta sistem "MANDIRI" yaitu suatu sistem yg aq sebut "word of mouth" sebuah sistem yg sangat efektif dan tidak diperlukan biaya yg besar untuk promosi.

di awal tadi gw ingin berbagi pengalaman... menurut gw, br sedikit perusahaan yg menerapkan sistem ini, dan hanya menjual dan menjual padahal dengan manajemen "SENYUM" akan berdampak sangat positif untuk jangka panjang. salah satunya perusahaan yg menurut gw sudah menerapkan manajemen "Senyum" di TELKOM dan TELKOMSEL. karena gw sudah sejak lama menjadi pelangganya... mereka senantiasa melakukan improvement sistem komplain dan pembayaran sehingga manfaa yg gw rasakan menjadi dipermudah, bukannya dipersulit spt kebanyakan operator. biasanya operator lain mempermudah dulu, kemudian mempersulit pelanggan... iya ngga sie... karena sekitaran 3 taon lalu gw pernah mencoba dua produk lain pada saat promosi..duw... murah sie murah, tapi koq kualitas dan pelayananya jg ikutan murah... jadi murahan deh...

baru2 ini gw melakukan pembayaran telepon, eh sebelum gw ke loket pembayaran ada sms masuk yg memberitahukan klo pembayaran di loket itu lagi rame2nya,,,antrian panjang, ya gw langsung memutuskan untuk bayar besoknya, mana mau ikutan antri.. secara kita bisa mengerjakan pekerjaan lain gtu lhooo... mendingan ditunda aja, pikir gw.. trus besoknya gw melakukan pembayaran & tdk lupa berterimakasih atas smsnya..dan gw disarankan mending pembayarannya autodebit aja dan mulai bulan depan billing Telepon dan Speedy jadi satu, jadi pelanggan ga akan lupa. nah daripada repot, gw milih autodebet aja kan gampang ga repot dan gw minta setelah diautodebet harus dikirimkan rincian pembayarannya...katanya siw akan dikirim. tapi kita lihat aja nanti...betul..???.. wah..memang sebuah improvement yg luar biasa... semoga bisa dipertahankan...

0 komentar:

Post a Comment