~ WELCOME to MY BLOG ~

Friday, August 22, 2008

BanguN TiduR JangaN LangsunG Sit-Up

Satu lagi tips terbaru tentang sit-up, jangan lakukan jenis latihan ini di pagi hari tepat setelah Anda bangun tidur. Karena terbukti dapat membuat bagian punggung anda cedera.

Sendi-sendi dan otot di bagian punggung bersifat hidrofilik (hidro: air), artinya saat kita tidur bagian-bagian tersebut menyerap banyak air dari tubuh. Akibatnya, saat kita bangun pagi, bagian-bagian tersebut bagaikan balon yang penuh air.


Jika Anda langsung melakukan gerakan-gerakan melipat seperti sit-up, akan menimbulkan tekanan yang sangat tinggi pada bagian yang menjadi ”balon air” tadi. Tekanan yang terjadi bisa mencapai 3 kali lipat lebih tinggi daripada jika kita melakukan sit-up 2 atau 3 jam kemudian.
Maka sebaiknya tepat pada saat bangun tidur jangan langsung melakukan sit-up atau latihan lain yang melibatkan gerakan melipat. Biasakan untuk jalan-jalan dulu atau lakukan aktivitas yang ringan-ringan dulu selama 1-2 jam. Baru setelah itu Anda melakukan sit-up. Dengan cara ini, cidera punggung akibat sit-up dapat dihindari.

Sumber:http://www.l-men.com

0 komentar:

Post a Comment