~ WELCOME to MY BLOG ~

Friday, August 22, 2008

Latihan saat perut kosong bikin cepat bakar lemak?

Ada yang mengatakan bahwa latihan yang dilakukan saat perut kosong, akan lebih cepat membakar lemak. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa hal ini tidak sehat dan tidak akan banyak membantu membakar lemak. Bahkan, tanpa adanya makanan sebagai bahan bakar untuk latihan, protein-protein pada ototlah yang akan dibakar menjadi energi. Akibatnya, perkembangan otot akan terganggu.

Mana sih, yang benar?


Beberapa penelitian ilmiah memang menunjukkan adanya penurunan pembakaran lemak selama dan setelah latihan jika kita mengkonsumsi karbohidrat 45-210 menit sebelum latihan tersebut. Latihan dengan perut terisi ternyata menghasilkan tingkat pembakaran lemak 35-45% lebih rendah daripada latihan dengan perut kosong. Smentara itu, efek latihan dengan perut kosong terhadap protein otot ternyata tidaklah seseram yang kita bayangkan. Bahkan latihan aerobik selama 90 menit dengan perut kosong hanya membakar 6-7 gram protein otot.

Sayangnya banyak orang yang melakukan latihan dengan perut kosong secara ekstrim. Mereka benar-benar menghindari makan sepanjang hari untuk melakukan olah raga di sore hari. Ini tentu saja bukanlah ide yang bagus.

Pengaruh jangka panjang dari latihan dengan perut kosong memang belum diteliti. Sejauh ini, satu-satunya efek negatif dari latihan dengan perut kosong adalah naiknya hormon kortisol. Kortisol sebenarnya berfungsi untuk memperlancar aliran glukosa, protein dan lemak keluar dari jaringan tubuh dan masuk ke aliran darah. Celakanya, kadar kortisol yang terlalu tinggi di dalam darah akan menghambat pertumbuhan otot..

Pusing ya? Untungnya sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa meskipun konsumsi karbohidrat 45-210 menit sebelum latihan akan menurunkan pembakaran lemak, konsumsi karbohidrat selama latihan tidak akan mempengaruhi pembakaran lemak secara signifikan. Dengan cara ini, kadar kortisol dapat tetap terjaga.

Bagaimana dengan protein? Konsumsi protein sebelum latihan ternyata tidak memberikan pengaruh negatif terhadap pembakaran lemak. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi protein whey sebelum latihan dapat membantu pertumbuhan otot.

Jadi jika Anda mengalami kesulitan membakar lemak, cobalah melakukan latihan dengan perut kosong. Untuk membantu mempertahankan otot, Anda dapat mengkonsumsi minuman berprotein 5-10 menit sebelum olah raga. Jika minuman berprotein yang Anda minum juga mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi (lebih dari 20-30 gram), tunggu hingga Anda telah berlatih selama 15 menit, baru meminumnya

Sedikit informasi tambahan, konsumsi karbohidrat sebelum latihan ternyata tidak terlalu mempengaruhi tingkat pembakaran lemak pada wanita. Tampaknya wanita lebih banyak menggunakan lemak sebagai sumber energi saat latihan, dibandingkan pria.

Sumber: www.l-men.com



0 komentar:

Post a Comment