~ WELCOME to MY BLOG ~

Saturday, March 26, 2011

Earth Hour: Mari Bersahabat dengan ALAM...

Manusia setiap hari mengalami pertambahan usia dan menua, begitu juga dengan bumi tempat kita hidup yang semakin menua. Ibarat manusia semakin tua semakin berkurang kondisi fisiknya, Bumi juga mengalami hal yang sama. maka dari itu sudah sepantasnya kita turut berperan serta dalam upaya menyelamatkan bumi walau pada akhirnya memang sudah ditakdirkan dan dipercayai oleh semua Agama, hari kiamat akan datang, namun upaya yang kita lakukan adalah untuk menjadikan bumi tempat yang nyaman untuk ditinggali sampai kiamat itu datang.

Seperti kutipan dari lirik lagi MJ yang berjudul "Heal The World" ...."Heal the world, make it a better place, For you and for me and the entire human race, There are, people dying, if you care enough for the living, Make a better place, for you and for me..." mari turut berperan serta terhadap upaya dalam menyelamatkan bumi. Umat Hindu di Bali setiap tahunnya melaksanakan NYEPI, sebuah tradisi yang hanya ada di Bali, Indonesia untuk menyambut datangnya tahun baru saka dengan mengistirahatkan alam dari segala bentuk aktivitas salah satunya adalah tidak menyalakan lampu dan berkendara yang berdasarkan riset berhasil mengurangi emisi cukup signifikan.


Begitu juga hari ini, setiap hari sabtu, minggu ketiga bulan maret setiap tahunnya dihimbau kepada seluruh masyarakat dunia untuk mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak dipakai selama 1 jam pada pada pukul 20.30 - 21.30 waktu setempat atau yang lebih dikenal dengan istilah Earth Hour. EARTH HOUR berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. Keberhasilan kampanye ini diharapkan dapat diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang sederhana sekalipun bila dilakukan secara massal akan membuat kehidupan kita di Bumi menjadi lebih baik (sumber: www.earthhour.wwf.or.id)

Untuk itu mari kita berperan serta dalam kampanye ini, walaupun kecil tapi karena dilakukan banyak orang maka akan berpengaruh signifikan. Pada intinya, kampanye ini mengingatkan semua orang bahwa bergaya hidup hemat energi tidak cukup hanya dengan berpartisipasi di EARTH HOUR saja, tetapi aksi kecil ini harus terus dibuktikan setiap hari untuk secara efektif mengurangi gas rumah kaca, dan diikuti dengan mengubah gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, seperti: menggunakan kendaraan umum atau bersepeda untuk bepergian, hemat air, menanam pohon, dan lain-lain. Mari kita bersahabat dengan alam dengan merubah gaya hidup yang selama ini menyakiti alam (bagi yang belum tentunya... hehe...).

0 komentar:

Post a Comment