~ WELCOME to MY BLOG ~

Thursday, May 7, 2009

Batam Siap Mengaplikasikan "SIAP Online"

Batam Digital Island, merupakan program Pemko Batam yang salah satu tujuannya adalah adanya kemudahan akses informasi bagi warga Batam dengan menghubungkan seluruh wilayah Batam dengan jaringan internet. Oleh karena itu Batam siap mengaplikasikan SIAP Online yang merupakan program Depdiknas dalam waktu dekat. Momen terdekatnya yaitu penerimaan siswa baru. Harapannya Batam akan siap mengaplikasikan SIAP online untuk beberapa sekolah pada penerimaan siswa baru tahun ajaran 2009/2010. Ayo... Batam Pasti Bisa... hehehe...

Apa itu SIAP Online??? SIAP Online atau Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan merupakan aplication service provider (ASP) khusus pendidikan yang pertama di Indonesia dengan menggunakan teknologi web internet sehingga dapat diakses secara online dan realtime. Selain itu memiliki penyimpanan data yang tidak terbatas serta kompatibel dengan Padati Web.

SIAP Online akan menjawab tantangan dunia pendidikan Indonesia dalam hal pengelolaan data dan ketersediaan informasi pendidikan mulai dari tingkat pendidikan rendah sampai tinggi, dari kelurahan, kecamatan, kabupaten, propinsi, hingga pusat. Sehingga seluruh stakeholder pendidikan dapat dengan cepat memperoleh informasi pendidikan yang dibutuhkan mulai dari Departemen pendidikan, dinas pendidikan, sekolah, guru, siswa, orang tua siswa, dan lain-lain. Informasi SIAP online ini dapat diperoleh melalui akses internet, SMS, dan interactive voice respon.

SIAP Online ini menawarkan satu solusi multifungsi, seperti yang ditunjukkan gambar disamping. Mulai dari calon siswa yang akan mendaftar sekolah (PSB), proses daftar ulang, proses belajar mengajar, administrasi akademik siswa, kelulusan siswa, dan alumni siswa. Jadi merupakan layanan end to end pendidikan di suatu sekolah yang akan mempermudah semua pihak yang berkepentingan.

Untuk mengaplikasikan SIAP Online ini, harus tersedia infrastruktur yang memudahkan warga memperoleh informasi. Hal ini tentunya sejalan dengan misi "Batam Digital Island" yang akan menghubungkan seluruh wilayah Batam dengan jaringan internet sehingga artinya semua warga bisa memanfaatkan SIAP online ini. Wah sungguh merupakan suatu hal yang tentunya akan memajukan pendidikan di Batam dan ujung-ujungnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk ketengan lebih lanjut, silakan lihat di http:// www.siap-online.com, Semoga dengan diimplementasikan SIAP Online ini dapat membuat pendidikan Indonesia khususnya Batam menjadi lebih maju dan menelorkan generasi-generasi penerus bangsa di kemudian hari.

0 komentar:

Post a Comment