~ WELCOME to MY BLOG ~

Monday, September 1, 2008

Paradigma Sehat ala Fitness & Binaraga

Semua orang pasti mengetahui apa itu sehat, akan tetapi banyak pula yang tidak mengetahui informasi atau pengetahuan tentang kesehatan, kita sebut saja praktek tanpa teori. Selain itu banyak pula orang yang mengerti informasi atau pengetahun tentang kesehatan dan banyak berbicara di depan umum tentang makna kesehatan, namun pengetahuanya itu tidak pernah dipraktekkan, kita sebut saja teori tanpa praktek, dan hanya sedikit orang yang mengetahui informasi/pengetahuan tentang kesehatan sekaligus mempraktekkanya. Sungguh sangat disayangkan, padahal kesehatan itu adalah anugerah dan kita bisa melakukan apa saja kalau sehat dan tidak bisa melakukan apa-apa kalau tidak sehat.

Idealnya memang antara teori dan praktek itu harus sejalan, beriringan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tentunya teori tanpa praktek tidak akan mendapatkan hasil apa-apa karena pengetahuanya itu hanya sebatas di mulut, padahal yang namanya kesehatan itu harus di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan praktek tanpa teori juga tidak akan mendapatkan hasil yang optimal karena ada kemungkinan pada saat kita melaksanakannya terjadi hal-hal yang kurang diinginkan seperti misalnya cedera pada saat berolahraga. Selain itu apa yang telah dipraktekkan, hasilnya tidak optimal alias banyak resources yang terbuang percuma.

Terdapat banyak pilihan orang dalam menjalankan paradigma sehat. Dalam tulisan ini, saya berusaha untuk mengupas salah satu metode gaya hidup sehat yaitu Fitness & Binaraga. Pertama kali mendengar atau membaca kata fitness dan binaraga akan sangat mudah menebak pandangan sebagian besar masyarakat kita. Jika ditanya komentar masyarakat mengenai kata fitness atau binaraga maka sebagian besar akan menjawab badan besar, berotot, dan tentunya maestro binaraga nasional Ade Rai. Memang hal itu benar adanya, namun harus diluruskan pandangan dan pola pikir masyarakat yang sedemikian.

Menurut Ade Rai dalam bukunya berjudul Gaya Hidup Sehat Fitness & Binaraga, “Sebenarnya binaraga adalah kesadaran untuk punya badan lebih bagus dan sehat. Seseorang yang mempraktekkan tiga faktor binaraga yaitu makan teratur dan bergizi, berolahraga, dan beristirahat, sebenarnya sudah melakukan binaraga. Namun, yang mesti dijalani tiap orang harus sesuai dengan kondisi dan tujuan masing-masing. Apakah menurunkan berat badan, melangsingkan tubuh, ingin sedikit berotot atau ingin berotot banyak. Pada dasarnya binaraga adalah memaksimalkan otot dan meminimalkan lemak sesuai kondisi masing-masing."

Dalam buku tersebut Ade Rai menjelaskan tentang pengenalan dasar terhadap seni dan pengetahuan membentuk tubuh kearah yang lebih baik. ADe Rai, membagi pengalaman dan pengetahuannya dalam dunia binaraga. sekaligus, buku ini bertujuan untuk meluruskan pendapat yang kurang tepat tentang olahraga binaraga dan fitnes yang berkembang di masyarakat. Dengan mengambil Motto “Sehat itu nikmat, stay strong, stay healthy, and stay smart”

Banyak keuntungan yang bisa didapat dari menggeluti olahraga ini, karena olahraga ini dapat mengakomodasi berbagai tujuan setiap orang yang ingin menggeluti olahraga ini. ada yang bertujuan untuk menurunkan berat badan atau melangsingkan tubuh, menaikkan berat badan, meningkatkan kekuatan dan penampilan fisik yang lebih baik, meningkatkan kemampuan/performa dalam cabang olahraga lain, atau ingin menggelutinya untuk menjadi atlet.

Binaraga: Building your body, more muscle less fat, kombinasi olahraga, seni, dan ilmu pengetahuan. binaraga tidak sama dengan angkat besi. Binaraga adalah kombinasi berbagai aktivitas. Aktivitas itu antara lain: latihan beban, cardio vascular exercise atau aktivitas aerobic, pengaturan makan, serta pengaturan istirahat. Apabila seseorang telah menjalankan aktivitas itu berarti dia telah menjalankan binaraga dalam kehidupannya. olahraga, makanan, dan istirahat yang teratur adalah tiga faktor utama dalam binaraga. Binaraga diperuntukkan bagi siapa saja yang menginginkan kondisi fisik yang lebih baik yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing, karena kebutuhan setiap orang tidak sama. tidak ada batasan umur untuk memulainya, yang tepat adalah USIA SEKARANG. Tidak ada kata terlambat.
SEHAT ITU GAYA HIDUP

(bersambung...)




1 comment:

  1. setuju! Sehat itu gaya hidup.
    Buat info lebih jelas tentang Gaya hidup sehat dan fitness, buka saja website AkuBugar.com

    ReplyDelete